LAPORAN KEUANGAN KONSOLIDASI DAN TEKNIK PROSEDUR KONSOLIDASI




Laporan Keuangan  Konsolidasi
Laporan yang menyajikan posisi keuangan dan hasil oprasi untuk induk perusahaan (entitas pengendaliaan) dan satu atau lebih anak perusahaan (entitas yang dikendalikan) seakan-akan entitas-entitas individual tersebut merupakan satu entitas atau perusahaan satu perusahaan.

Tujuan laporan keuangan konsolidasi disusun yaitu agar dapat memberikan gambaran yang objektif dan sesuai atas keseluruhan posisi dan aktivitas dari suatu perusahaan, dimana laporan konsolidasi keuangan diharapkan tidak boleh menyesatkan pihak-pihak yang berkepentingan dan harus didasarkan pada ketentuan akuntasi yang berlaku.

Manfaat Laporan Keuangan Konsolidasi
Diantara manfaat disusunnya Laporan Keuangan Konsolidasi adalah:
1.       Untuk kepentingan jangka panjang, efek anak perusahaan terhadap induk
2.     Memberikan informasi terkini bagi manajemen induk perusahaan tehadap kinerja grup (anak) perusahaan
3.     Kepentingan informasi pihak luar

Keterbatasan Laporan Keuangan Konsolidasi
Disamping memiliki manfaat, Laporan Keuangan Konsolidasi juga memiliki beberapa keterbatasan, diantaranya:
1.       Kinerja keuangan anggota perusahaan yang tidak bagus akan tertutupi
2.     Rasio keuangan tidak mencerminkan rasio keuangan perusahaan
3.     Ketidaktepatan penyusunan rekening akuntansi seluruh perusahaan
4.     Kekuranglengkapan catatan laporan keuangan perusahaan individu

Menyusun Kertas Kerja (Worksheet)
Worksheet digunakan untuk memepermudah penyusunan laporan keuangan Prosedur penyusunan worksheet tergantung pada dasar yang dipakai, yaitu Laporan Keuangan Individual atau Neraca Saldo Individual.
Dalam penyusunan Laporan Keuangan Konsolidasi antara Induk Perusahaan dan Anak Perusahaan dapat digunakan 3 (dua) metode yaitu:
1.      Metode Ekuitas (Equity Method)
2.      Metode Ekuitas Tidak Lengkap
3.      Metode Harga Perolehan (Cost Method)



0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll


Diberdayakan oleh Blogger.