Antara mudik dengan liburan

Saya mau cerita sedikit tentang liburan saya di Lombok dan di Bima.
Berawal dari mudik lebaran. Mempunyai kampung yang bersebelahan denga Lombok itu luar bisa enak karna Lombok mempunyai banyak destinasi tempat wisana yang indah-indah dan gillitrawangan salah satunya.
Sebelum menceritakan liburan saya di Lombok saya akan menceritakan Liburan saya di Bima. Bima adalah sebuah kota otonom yang terletak di Pulau Sumbawa bagian timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia.
Tempat pertama yang saya datangi di Bima adalah pantai Kolo. Pantai Kolo adalah salah satu objek unggulan dan saya hampir 3 kali saya kesana dalam 1 minggu. Dibima saya tidak perlu jauh-jauh untuk melihat indahnya alam indonesia hanya dengan naik ke atas bukit sebelah rumah nenek saja sudah dapat keindahan. Rumah nenek saya di kota bolo. Bolo adalah sebuah kecamatan di kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Di Bima orang lebih mengenalnya dengan kota Sila, kota sila sendiri memiliki ibukota kecamatan, dan saya pun lebih mengenal kota sila dari pada kota bolo.
Seminggu di bima saya dan keluarga siap-siap untuk kembali ke jakarta, tetapi saya tidak langsung pulang ke jakarta karna kami akan mampir ke rumah tante di Lombok. Hari pertama kami sampai dilombok tidak kemana-mana karna lelah diperjalanan dari bima ke lombok yang menghabiskan waktu 12 jam. Kami hanya menghabiskan waktu dirumah dan merencanakan perjalanna untuk mengexplor Lombok esok hari.
Hari ke-2 kami pergi ke Pink beach, Perjalanan yang membutuh kan waktu kurang lebih 2 jam, karna pantai ini terletak di desa Sekaroh, sebuah desa kecil di kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Barat. Pantai ini merupakan salah satu dari tujuh pantai di dunia yang memiliki pasir pantai berwarna pink, dan satu dari dua pantai di Indonesia yang memiliki pasir pantai berwarna pink. Letaknya memang tersembunyi dan jauh dari pusat kota walaupun sedikit lelah diperjalanan tapi semua lelah itu terbayar dengan keindahan pantai yang mempunyai pasir berwarna pink. Sudah puas menikmati indahnya pantai pink kami segera menuju pantai kuta. Pantai Kuta, Lombok adalah tempat wisata di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Pantai dengan pasir berwarna putih ini terletak sebuah desa bernama Desa Kuta. Desa Kuta mulai menjadi tempat tujuan wisata yang menarik di Indonesia sejak didirikannya banyak hotel-hotel baru. Selain keindahan alam yang dapat dinikmati di desa ini, satu kali dalam setahun diadakan upacara Sasak di desa ini. Ini adalah upacara Bau Nyale. Dalam upacara ini para pelaut mencari cacing Nyale di laut. Menurut legenda, dahulunya ada seorang putri, bernama Putri Mandalika, yang sangat cantik, banyak pangeran dan pemuda yang ingin menikah dengannya. Karena ia tidak dapat mengambil keputusan, maka ia terjun ke air laut. Ia berjanji sebelumnya bahwa ia akan datang kembali satu kali dalam setahun. Rambutnya yang panjang kemudian menjadi cacing Nyale tersebut. Dari pantai kuta kami pergi wisata kuliner di kota Mataram, kami mencari Ayam taliwang dan pelecing kangkung. Pelecing kangkung adalah salah satu makanan favorit saya.
Hari ke 3 kami sudah siap dari pagi hari karna kami akan pergi ke plabuhan untuk menyebrang ke gili trawangan.  Gili Trawangan adalah yang terbesar dari ketiga pulau kecil atau gili yang terdapat di sebelah barat laut Lombok. Di gili trawangan tidak terdapat kendaraan bermotor, karena tidak diizinkan oleh aturan lokal. Sarana transportasi yang lazim adalah sepeda (disewakan oleh masyarakat setempat untuk para wisatawan) dan cidomo, kereta kuda sederhana yang umum dijumpai di Lombok. Kelebihan Gili Trawangan dibandingkan dengan pantai lain adalah kita dapat menikmati sunset dan juga sunrise sekaligus di pantai ini. sesampainya disana kami snorkling sampai sore. Karna tidak tinggal sehari disana saya merasa kurang puas.

Hari ke 4 kami sekeluarga pulang kembali ke jakarta. Liburan ini adalah salah satu liburan paling berkesan buat saya karna saya sekalian pulang kampung .liburan yang paling dirindukan dan tak akan terlupakan.